Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 13 Februari 2015

MAKALAH TENTANG PERMAINAN SEPAK BOLA



KATA PENGANTAR

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb
Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang mana atas berkat rahmat dan karunia-Nya saya telah di bimbing dalam menuntaskan penulisan Makalah “OLAHRAGA SEPAK BOLA”  yang penulis susun untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Penjas orkes. Tak lupa shalawat dan salam semoga tetap tercurah pada Nabi akhir zaman Muhammad SAW, kepada keluarga, para sahabat dan seluruh umatnya.
Penulis mengakui dalam makalah yang sederhana ini mungkin banyak sekali terjadi kekurangan sehingga hasilnya jauh dari nama kesempurnaan. Penulis sangat berharap kepada semua pihak untuk kiranya memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun.
Besar harapan penulis dengan terselesaikannya makalah ini dapat menjadi bahan tambahan bagi penilaian guru bidang studi Penjasorkes dan mudah-mudahan isi dari makalah penulis ini dapat di ambil manfaatnya oleh semua pihak yang membaca makalah ini. Ucapan terimakasih penulis sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam penyusunan makalah ini sehingga makalah ini terselesaikan.
“Tidak ada gading yang tak retak”, dengan ini penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya karena masih begitu banyak kekurangan disana-sini dalam penyusunan makalah ini.
Terima Kasih










DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ………………………………..………………….……….………….1
DAFTAR ISI ………………………………………………………………...………………. 2
BAB 1 PENDAHULUAN …………………………………………..………...…………….. 3
A.    Latar Belakang ………………………………………………...………...…………… 3
B.     Tujuan …………………………………….……………..……………...……………. 3
C.     Manfaat ………………………………………………..…………………..…………. 3
BAB II PEMBAHASAN ……………………………...…………………………………….. 4
A.    Sejarah Bola Voli …………………………………………………………………….. 4
B.     Lapangan permainan Sepak Bola …………………..………..……...……………….. 5
C.     Peraturan resmi sepak bola ……………………...………………………………...…. 5
D.    Teknik Dasar Permainan Sepak Bola…………………...…………………………….5
E.     Taktik Permainan …………………………………...………………………...……… 8
F.      Ofisial ……………………………………………….……………………………….. 8
G.    Tim ………………………………………………………...…………………...…….. 8
H.    Lama Permainan …………………………………………………..………………..... 9
I.       Wasit sebagai pengukur waktu resmi ………………………..………………...…….. 9
BAB III PENUTUP ………………………………..……………..…………………………10
A.    Kesimpulan ……………………………………………….………………………….10
B.     Saran-Saran ………………………………………..……………………………........10
DAFTAR PUSTAKA …………………………………..…………………………….……..11

                                                                                                                       




BAB I
PENDAHULUAN

1.    Pendahuluan
Sepak bola adalah olahraga menggunakan bola yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang. Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia. Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola kulit ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis.
Secara umum hanya penjaga gawang saja yang berhak menyentuh bola dengan tangan atau lengan di dalam daerah gawangnya, sedangkan 10 (sepuluh) pemain lainnya hanya diijinkan menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan, biasanya dengan kaki untuk menendang, dada untuk mengontrol, dan kepala untuk menyundul bola. Tim yang mencetak gol lebih banyak pada akhir pertandingan adalah pemenangnya. Jika hingga waktu berakhir masih berakhir imbang, maka dapat dilakukan undian, perpanjangan waktu maupun adu penalti, tergantung dari format penyelenggaraan kejuaraan.
Peraturan pertandingan secara umum diperbarui setiap tahunnya oleh induk organisasi sepak bola internasional (FIFA), yang juga menyelenggarakan Piala Dunia setiap empat tahun sekali.
2.    Makalah ini bertujuan :
·       Dapat mengetahui sejarah Permainan Sepak Bola
·       Dapat mengetahui tentang Permainan Sepak Bola
·       Dapat mengetahui cara bermain Permainan Sepak Bola
C. Rumusan Masalah
·       Bagai sebenarnya Teknik Permainan Sepak Bola
·       Bagai mana peraturan tenis Permainan Sepak Bola
·       Apa saja yang diperlukan dalam permainan Permainan Sepak Bola






 BAB II
PEMBAHASAN
A.  Sejarah Sepak Bola
Sejarah olahraga sepak bola dimulai sejak abad ke-2 dan -3 sebelum Masehi di Cina. Di masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari]. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.
Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dan menjadi sangat digemari. Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365. Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola.  Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah. Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut. Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola (soccer). Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola. Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara.
Masuk Ke Indonesia
Sejarah sepak bola di Indonesia diawali dengan berdirinya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta pada 19 April 1930 dengan pimpinan Soeratin Sosrosoegondo. Dalam kongres PSSI di Solo, organisasi tersebut mengalami perubahan nama menjadi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. Sejak saat itu, kegiatan sepak bola semakin sering digerakkan oleh PSSI dan makin banyak rakyat bermain di jalan atau alun-alun tempat Kompetisi I Perserikatan diadakan. Sebagai bentuk dukungan terhadap kebangkitan "Sepakbola Kebangsaan", Paku Buwono X mendirikan stadion Sriwedari yang membuat persepakbolaan Indonesia semakin gencar.
Sepeninggalan Soeratin Sosrosoegondo, prestasi tim nasional sepak bola Indonesia tidak terlalu memuaskan karena pembinaan tim nasional tidak diimbangi dengan pengembangan organisasi dan kompetisi. Pada era sebelum tahun 1970-an, beberapa pemain Indonesia sempat bersaing dalam kompetisi internasional, di antaranya Ramang, Sucipto Suntoro, Ronny Pattinasarani, dan Tan Liong Houw. Dalam perkembangannya, PSSI telah memperluas kompetisi sepak bola dalam negeri, di antaranya dengan penyelenggaraan Liga Super Indonesia, Divisi Utama, Divisi Satu, dan Divisi Dua untuk pemain non amatir, serta Divisi Tiga untuk pemain amatir. Selain itu, PSSI juga aktif mengembangkan kompetisi sepak bola wanita dan kompetisi dalam kelompok umur tertentu (U-15, U-17, U-19,U21, dan U-23)
B.  Lapangan Permainan Sepak Bola
Ukuran lapangan standar
1.    Ukuran: panjang 100-110 m x lebar 64-75 m
2.    Garis batas: garis selebar ... cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; ... m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan
3.    Daerah penalti: busur berukuran 18 m dari setiap pos
4.    Garis penalti: ... m dari titik tengah garis gawang
5.    Garis penalti kedua: ... m dari titik tengah garis gawang
6.    Zona pergantian: daerah ... m (... m pada setiap sisi garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan
7.    Gawang: lebar 7 m x tinggi 2,5 m
8.    Permukaan daerah pelemparan: halus, rata, dan tak abrasif
C.  Peraturan resmi sepak bola adalah
     Offside
     Pelanggaran
     Tendangan Bebas
     Tendangan penalti
     Lemparan Dalam
     Tendangan Gawang
     Tendangan Sudut
Selain peraturan-peraturan di atas, keputusan-keputusan Badan Asosiasi Sepak bola Internasional (IFAB) lainnya turut menambah peraturan dalam sepak bola. Peraturan-peraturan lengkapnya dapat ditemukan di situs web FIFA.
D.  Teknik Dasar Permainan Sepak bola
Untuk bermain bola dengan baik pemain dibekali dengan teknik dasar yang baik. Pemain yang memiliki teknik dasar yang baik pemain tersebut cenderung dapat bermain sepakbola dengan baik pula. Beberapa teknik dasar yang perlu dimiliki pemain sepakbola adalah Menendang ( kicking ), Menghentikan atau Mengontrol ( stoping ), Menggiring ( dribbling ), Menyundul ( heading ), Merampas ( tacling ), Lemparan Kedalam ( trow – in ) dan Menjaga Gawang ( Goal Keeping ). Dibawah ini akan dijelaskan beberapa teknik Menendang, Menghentikan, dan Mengiring bola dalam permainan Sepakbola.
1.    Menendang (kicking)
Menendang bola merupakan salah satu karakteristik permainan sepakbolayang paling dominan. Tujuan utama menendang bola adalah untuk mengumpan ( passing ), dan menembak kearah gawang ( shootig at the goal ). Dilihat dari perkenaan bagian kaki ke bola, menendang dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu Menendang dengan kaki bagian dalam, Menendang dengan kaki bagian luar, dan menendang dengan punggung kaki.
a.    Menendang dengan kaki bagian dalam
Pada umumnya teknik ini digunakan untuk mengumpan jarak pendek. Analisis geraknya adalah sebagai berikut :
·      Badan menghadap sasaran di belakang bola.
·      Kaki tumpu berada disamping bola kurang lebih 15 cm, ujung kaki menghadap sasaran, lutut sedikit ditekuk.
·      Kaki tending ditarik kebelakang, dan ayunkan ke depan.
·      Setelah terjadi benturan dilanjutkan dengan Follow trow, (gerakan lanjutan).
b.    Menendang dengan kaki bagian luar
Pada umumnya teknik menendang dengan kaki bagian luar digunakan untuk mengumpan jarak pendek. Analisis geraknya sebagai berikut :
·      Posisi badan dibelakang bola, kaki tumpu disamping belakang bola 25 cm,
·      Ujung kaki menghadap kesasaran, dan lutut sedikit ditekuk.
·      Kaki tendang berada di belakang bola, dengan ujung kaki menghadap
kedalam.
·      Kaki tending ditarik kebelakang dan ayunkan kedepan.
·      Perkenaan bola tepat di punggung kakibagian luar, dan tepat pada tengah –tengah bola.
·      Gerakan lanjutan kaki tending diangkat serong kurang lebih 45 derajat
menghadap sasaran.


c.    Menandang dengan punggung kaki
Pada umumnyamenendang dengan punggung kaki digunakan untuk menembak ke gawang atau shooting. Analisis gerakanya sebagai berikut :
·      Badan dibelakang bola sedikit condong kedepan, kaki tumpu diletakkan di samping bola dengan ujung kaki menghadap kesasaran, kaki sedikit ditekuk.
·      Kaki tending berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap kedepan / sasaran.
·      Kaki tending tarik ke belakang dan ayunkan kedepan hingga mengenai bola. Perkenaan kaki pada bola tepat pada punggung kaki penuh dsan tepat pada tengah- tengah bola.
·      Gerakan lanjut kaki tending diarahkan dan di angkat kearah sasaran.
2.    Menghentikan Bola (Stopping)
Menghentikan bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepakbola yang penggunaanya bersamaan dengan teknik menendang bola. Tujuan menghentikan bola adalah untuk mengontrol bola, yang termasuk didalamnya adalah untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk passing. Analisis gerakanya sebagai berikut :
·      Posisi badan segaris dengan datangnya bola.
·       Kaki tumpu mengarah pada boladengan lutut sedikit ditekut.
·      Kaki penghenti diangkat sedikit deengan permukaan bagian dalam kakidijulurkan kedepan segaris dengan datangnya bola.
·      Bola menyentuh kaki persis dibagian dalam/mata kaki.
·      Kaki penghenti mengikuti arah bola.
Untuk teknik menghentikan bola masih terdapat banyak cara yang dapat dilakukan diantaranya yaitu menggunakan Punggung kaki, Paha, Dada, serta Kepala apabila memungkinkan.
3.    Menggiring Bola
Pada dasarnya menggiring bola adalah menendang terputus – putus atau pelan, oleh karenanya bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang dipergunakan untuk menendang bola. Menggiring bola bertujuan antara lain untuk mendekati jarak kesasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan. Dibawah ini akan di jelaskan mengenai posisi tubuh saat menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam :
·      Posisi kaki menggiring bola sama dengan posisi menendang bola.
·      Kaki yang digunakan untuk menggiring bola tidak ditarik kebelakang hanya diayunkan kedepan.
·      Diupayakan setiap melangkah, secara teratur bola disentuh/ didorong bergulir kedepan. Bola bergulir harus selalu dekatdengan kaki agar bola dapat dikuasai.
·      Pada waktu menggiring bolakedua lutut sedikit ditekuk untuk mempermudah penguasaan bola.
·      Pada saat kaki menyentuh bola, pendangan ke arah bola dan selanjutnya melihat situasi kelapangan.
E.  Taktik Permainan
Taktik yang biasa dipakai oleh klub-klub sepak bola adalah sebagai berikut: 4-4-2 , 4-3-2-1 , 4-5-1 , 3-4-3 , 3-5-2 , 4-3-3
Taktik yang dipakai oleh sebuah tim selalu berubah tergantung dari kondisi yang terjadi selama permainan berlangsung. Pada intinya ada tiga taktik yang digunakan yaitu; Bertahan, Menyerang dan Normal.
F.   Ofisial
Sebuah pertandingan diperintah oleh seorang wasit yang mempunyai "wewenang penuh untuk menjalankan pertandingan sesuai Peraturan Permainan dalam suatu pertandingan yang telah diutuskan kepadanya" (Peraturan 5), dan keputusan-keputusan pertandingan yang dikeluarkannya dianggap sudah final. Sang wasit dibantu oleh dua orang asisten wasit (dulu dipanggil hakim/penjaga garis). Dalam banyak pertandingan wasit juga dibantu seorang ofisial keempat yang dapat menggantikan seorang ofisial lainnya jika diperlukan.
G. Tim
Setiap tim maksimal memiliki sebelas pemain, salah satunya haruslah penjaga gawang. Kadang-kadang ada peraturan kejuaraan yang mengharuskan jumlah minimum pemain dalam sebuah tim (biasanya delapan).Sang penjaga gawang diperbolehkan untuk mengambil bola dengan tangan atau lengannya di dalam kotak penalti di depan gawangnya.
Pemain lainnya dalam kedua tim dilarang untuk memegang bola dengan tangan atau lengan mereka ketika bola masih dalam permainan, namun boleh menggunakan bagian tubuh lainnya. Pengecualian terhadap peraturan ini berlaku ketika bola ditendang keluar melewati garis dan lemparan dalam dilakukan untuk mengembalikan bola ke dalam permainan. Sejumlah pemain (jumlahnya berbeda tergantung liga dan negara) dapat digantikan oleh pemain cadangan pada masa permainan. Alasan umum digantikannya seorang pemain termasuk cedera, keletihan, kekurangefektifan, perubahan taktik, atau untuk membuang sedikit waktu pada akhir sebuah pertandingan. Dalam pertandingan standar, pemain yang telah diganti tidak boleh kembali bermain dalam pertandingan tersebut.
Lapangan yang digunakan biasanya adalah lapangan rumput yang berbentuk persegi empat. Dengan panjang 91.4 meter dan lebar 54.8 meter. Pada kedua sisi pendek, terdapat gawang sebesar 24 x 8 kaki, atau 7,32 x 2,44 meter.
H.  Lama permainan                                                      
Lama permainan sepak bola normal adalah 2×45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit (kadang-kadang 10 menit). Jika kedudukan sama imbang, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2×15 menit, hingga didapat pemenang, namun jika sama kuat maka diadakan adu penalti.
Kebanyakan pertandingan biasanya berakhir setelah kedua babak tersebut, dengan sebuah tim memenangkan pertandingan atau berakhir seri. Meskipun begitu, beberapa pertandingan, terutamanya yang memerlukan pemenang mengadakan babak tambahan yang disebut perpanjangan waktu kala pertandingan berakhir imbang: dua babak yang masing-masing sepanjang 15 menit dimainkan. Hingga belum lama ini, IFAB telah mencoba menggunakan beberapa bentuk dari sistem 'sudden death', namun mereka kini telah tidak digunakan. Jika hasilnya masih imbang setelah perpanjangan waktu, beberapa kejuaraan mempergunakan adu penalti untuk menentukan sang pemenang. Ada juga kejuaraan lainnya yang mengharuskan pertandingan tersebut untuk diulangi.
Perlu diperhatikan bahwa gol yang dicetak sewaktu babak perpanjangan waktu ikut dihitung ke dalam hasil akhir, berbeda dari gol yang dihasilkan dari titik penalti yang hanya digunakan untuk menentukan pemenang pertandingan.
I.     Wasit sebagai pengukur waktu resmi
Wasit yang memimpin pertandingan sejumlah 1 orang dan dibantu 2 orang sebagai hakim garis. Kemudian dibantu wasit cadangan yang membantu apabila terjadi pergantian pemain dan mengumumkan tambahan waktu. Pada Piala Dunia 2006, digunakan ofisial ke-lima. Penggunaan 2 wasit sempat dicoba pada copa italia.Penggunaan 4 hakim garis kabarnya juga dicoba di piala dunia 2010,dimana 2 diantaranya berada di belakang gawang.

 BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Pemain terbagi atas Dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 orang bertarung untuk memasukkan sebuah bola bundar ke gawang lawan ("mencetak gol"). Tim yang mencetak lebih banyak gol adalah sang pemenang (biasanya dalam jangka waktu 90 menit, tetapi ada cara lainnya untuk menentukan pemenang jika hasilnya seri). Peraturan terpenting dalam mencapai tujuan ini adalah para pemain (kecuali penjaga gawang) tidak boleh menyentuh bola dengan tangan mereka selama masih dalam permainan.
B. Saran
Bermain sepak bola juga menuntut kemampuan otak yang prima, Untuk dapat bermain sepak bola kita harus banyak berlatih dan memupuk kerja sama yang ulet karena dalam permainan ini sangat diperlukan kebersamaan dan keuletan dalam bermain demi terciptanya dinamika kebersamaan untuk mencapai kemenangan.



















   DAFTAR PUSTAKA

http://rhama16.blogspot.com/2009/03/teknik-teknik-dasar-permainan-sepakbola.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Sepak_bola

http://routeterritory.wordpress.com/2010/08/21/bola-standard-international/

http://id.wikipedia.org/wiki/Sepak_bola

http://www.sarjanaku.com/2011/12/makalah-sepak-bola.html

http://ajiezaenulamry.blogspot.com/2015/02/makalah-tentang-permainan-sepak-bola.html

62 komentar:

  1. GAME android asik nih ! Hadiahnya juga banyak bangetss ! Yok ikutan + jadi member resminya LANGSUNG. Cara ikutan bisa langsung buka link ini>> http://id.luckytablegame.com/envelope.aspx?code=8243222784&name=Andy&t=facebook

    BalasHapus
  2. epak ball can be regarded as the most sports much demand in the world , therefore a lot of records in the record that a lot of printing in the world of football . Here Record Record In The World Football
    togel singapura

    BalasHapus
  3. informasinya sangat bermanfaat kunjungi jg ya

    http://kumpulanmakalah4.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  4. AGENBOLA59 agen judi online berlisensi resmi yang aman dan terpercaya,daftar dan ikut big promo setiap hari. Judi bola, agen bola, agen bola terpercaya, Bandar Bola, agen Bola — Agen Judi Bola, Judi Bola, Agen Judi, Judi Online.

    BalasHapus
  5. https://wsdsite.wordpress.com/2017/11/21/mantan-insinyur-google-ciptakan-agama-baru-dan-robot-tuhan/

    BalasHapus
  6. permsisi kak numpak promot
    lihat blog saya supernovadeluxeadress.blogspot.com
    terdapat banyak informasi

    BalasHapus
  7. ijin share ya kaka
    kunjungan balik berbagai tips pendidikan
    www.tipspendidikan.site

    BalasHapus
  8. Agen Judi MGMCASH88 Online Terbesar Dan Terpercaya Indonesia.
    Bergabunglah Bersama Kami Para Member Yang Setia Di MGMcash88,
    Bagi Anda Yang Belum mempunyai ID , Silahkan Melakukan Registrasi (Daftar).

    Hanya 1 Rekening Anda Sudah Bisa Bermain Semua Game yang ada DI MGMcash88
    Ini adalah list game yang ada di MGMcash88 :

    - SBOBET BOLA
    - SBOBET CASINO
    - ION CASINO
    - MAXBET
    - TANGKAS 365
    - 368bet
    - SABUNG AYAM
    - CBO855
    Tersedia Game Baru kami Fish Hunter ( Tembak Ikan )

    PROMO BANDAR ONLINE MGMCASH88 :
    -Bonus Depo Bola 50%
    -Bonus Cashback Bola 5% - 10%
    -Bonus Depo Casino 3%
    -Bonus Cashback Casino 5%
    -Bonus Rollingan Casino 0.7%
    -Bonus Depo Tangkas 5%
    -Bonus Referal Bola 3% MenangKalah teman
    -Bonus Referal Casino 1% MenangKalah teman

    Costumer Service 24 Jam Online :
    Pin BBM : 7B2Ec260

    BalasHapus
  9. ♣♦ SENIQQ AGEN JUDI POKER ONLINE TERPERCAYA ♣♦
    Ayo segera bergabung bersama kami di SENIDOMINOQQ.com
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Rasakan sensasinya bermain 7 permainan hanya mengunakan 1 akun/ID
    Hanya dengan modal Rp20.000 kamu sudah bisa bermain permainan populer yang tersedia di seniqq
    ♦POKER
    ♦DOMINO
    ♦CAPSA
    ♦ADUQ
    ♦BANDARQ
    ♦B.POKER
    ♦SAKONG
    Dapatkan berbagai bonus dari seniqq
    ♣♣ Bonus cashback 0.3 % (Setiap hari senin)
    ♣♣ Bonus Referensi 20% (Seumur hidup)
    Pelayanan yang kami sediakan di SeniQQ
    24 jam customer service yang siap melayani anda
    Transaksi Depo/WD super cepat
    100% player VS player (No Robot)
    Support Bank Lokal Indonesia (BCA, MANDIRI, BNI, BRI & DANAMON)
    Join Now :
    - Whatsapp : +85599495433
    - PIN BB : 561A1388
    - LINE : seniqqcs1
    - WECHAT : seniqqcs1
    - Skype : Seniqq.cs1

    BalasHapus
  10. Agen Judi MGMCASH88 Online Terbesar Dan Terpercaya Indonesia.
    Bergabunglah Bersama Kami Para Member Yang Setia Di MGMCASH88,
    Bagi Anda Yang Belum mempunyai ID , Silahkan Melakukan Registrasi (Daftar).

    Hanya 1 Rekening Anda Sudah Bisa Bermain Semua Game yang ada DI MGMcash88
    Ini adalah list game yang ada di MGMcash88 :

    - SBOBET BOLA
    - SBOBET CASINO
    - ION CASINO
    - MAXBET
    - TANGKAS 365
    - 368bet
    - SABUNG AYAM
    - CBO855
    Tersedia Game Baru kami Fish Hunter ( Tembak Ikan )

    PROMO BANDAR ONLINE MGMCASH88 :
    -Bonus Depo Bola 50%
    -Bonus Cashback Bola 5% - 10%
    -Bonus Depo Casino 3%
    -Bonus Rollingan Casino 0.7%
    -Bonus Referal Bola 3% MenangKalah teman
    -Bonus Referal Casino 1% MenangKalah teman

    Costumer Service 24 Jam Online :
    Pin BBM : 7B2Ec260

    Whatsapp atau nomor sms :
    +66615620266
    YM : mgmcash88

    BalasHapus
  11. Ingin Bermain Dengan Nyaman dan Aman?
    Yuk Langsung Aja Bergabung Di Website Kami Di SAHABAT303
    Promo-Promo Dari Kami :
    * Bonus Deposit 10% (Khusus Sportbook) Setiap Harinya
    * Bonus Cashback Sport Up To 16%
    * Bonus Cashback Casino 2%
    * Bonus Rollingan Casino 0.7%
    * Bonus Cashback SABUNG AYAM(COOKFIGHTING) Up To 10%
    * Bonus Referral 2% Seumur Hidup

    Minimal Deposti dan Withdraw Rp 50.000

    Hubungi kami Melalui:
    BBM :2BF26FEB
    Line : Sahabat303
    Whatsapp : +6281973146799
    Wechat : Sahabat303

    BalasHapus
  12. Para pecinta sepak bola, bingung mencari dimana
    situs website yang bisa di percaya
    ayo bergabung saja bersama kami WWW.MGMCASH88.BIZ
    Agen taruhan olah raga yang terbaik dan terpecaya
    berapapun anda menang kami siap membayar
    -PIN BBM : 7B2EC260
    -PIN BBM : D8796C4C
    -WHATSAAP : +66615620266
    LINE : mgmcash88

    BalasHapus
  13. Join di sahabatkartu sekarang juga !!
    Dapatkan Promo - Promo Menarik Di SAHABATKARTU
    Agen Domino 99 Terbaik Di indonesia
    Bonus Game Hingga 0.5% ( Kalah / Menang Tetap Dapat )
    akses link : www*sahabatkartu*Zone
    W.A : +85581734028
    PIN BB : 2BCDBEE2

    BalasHapus
  14. http://pialadunia17.sosblogs.com/ di cek ya kak lengkap nih

    BalasHapus
  15. http://getthebigpicture.com/blog/One-On-One-Market-Research-Made-Easy

    Specialist SEO.com is an Indonesian SEO Service launched in 2011 when search engines were in the early stages of developing their algorithms, Google was a big company that was very promising. Search engine optimization (SEO) has a completely different meaning. Since then many things have changed and internet marketing has become a necessity for every company that wants to survive in the online world competitively.

    Specialist SEO Indonesia SEO Services deal with Web Marketing technology from the start. After hours of research and development, trial and error, we can now offer the most reliable solutions in the world of Digital Marketing.

    Indonesian SEO Service

    BalasHapus
  16. SPESIAL PROMO UNTUK MEMBER SETIA SAHABATKARTU
    ==============================================
    - Proses Deposit & Withdraw Hanya 2 Menit
    - Minimal DP & WD Cuma Rp. 20.000,
    - Dapatkan BONUS 0.5% Setiap Senin
    - KOMISI DARI SAHABATKARTU 15%
    - 100% ADMIN + 100% FAIR PLAY
    - JACKPOT HARIAN HINGGA PULUHAN JUTA RUPIAH
    ============================================
    IKUT EVENT DI SAHBATKARTU DENGAN PROGAM REFERRAL
    Dapatkan Bonus Referral 20% Seumur Hidup
    NB : Semakin Banyak Teman Yg Anda Ajak
    Semakin Banyak Juga " BONUS " Yang Anda Dapatkan
    =================================================
    <<< DAFTAR + DEPOSIT + MAIN + WITHDRAW >>>
    Buktikan Sendiri Dan Rasakan Serunya Bergabung Di Sahabatkartu
    LiveChat : www.Skartu99,com
    Whatsapp : +85581734028
    PIN BB : 2BCDBEE2

    BalasHapus
  17. Yok... Kunjungi Slotdomino(dot)Com Sekarang juga !!
    Slotdomino | Agen Domino 99 Terbesar Di Asia
    Dapatkan Promo Terbesar Di Slotdomino
    Reff 20% ( Otomatis )
    CashBack 0.5% ( Kalah / Menang Wajib Dapat )
    --------------------------------------------
    Dengan 1 USER ID Bisa Bermain 8 GAME
    Permainan Yang Mudah Dimainkan & Mudah Menang
    LIVECHAT : SLOTDOMINO,com
    W.A : +6285974599065
    PIN BB : 2BE2DD7E
    PIN BB : DBFDDEFE

    BalasHapus
  18. Telkombet228 adalah Situs Agen Betting Bola dan Togel Online yang sudah terpercaya di Indonesia .

    Keunggulan bermain di Telkombet228 adalah :
    1. Proses kurang dari 1 menit
    2. Cs yang sangat prefesional dan ramah yang siap melayani anda kapan pun yang selalu 24 jam melayani anda .
    3. Bonus Cashback sebesar 0,5%
    4. Bonus Referal sebesar 0,1% Seumur Hidup loh :)
    5. Minimal Deposi dan Withdraw hanya 25Ribu
    6. Semua Bank Online 24 Jam
    7. Masih banyak Bonus-Bonus yang tersedia dan menarik lain nya seperti jackpot hingga Jutaan Rupiah lain nya menanti anda

    Hubungi Kami Melalui :
    LINE : Bandar.asia
    WHATSAPP : +855 96 843 1912

    Link Untuk Daftar : Mentari228.com

    " Kami Memberi Bukti Bukan Hanya Sekedar Janji Ya Silahkan Daftar Sekarang Tunggu Apa Lagi "

    BalasHapus
  19. http://intranet.cammanagementsolutions.com/UserProfile/tabid/1269/userId/1495782/Default.aspx

    Search engine optimization (SEO) or Indonesian SEO is the process of influencing the visibility of websites or web pages in search engine results - often referred to as "natural", "organic" or "earned" results. In general, the earlier (or rank higher on search results pages), and more often sites appear in the list of search results, the more visitors will receive from search engine users, and these visitors can be converted to customers.

    SEO can target various types of searches, including image search, local search, video search, academic search, news search and industry-specific vertical search engines.

    Indonesian SEO

    BalasHapus
  20. happydomino is also the best and trusted Online Domino Poker site in Indonesia which has been proven by reputation and gained the trust of International Online gambling. Both the review of reputable poker sites and the quality of the games we provide do not need to be doubted. By providing the best service and providing assistance that is not complicated and we will provide an explanation that is as easy as possible so that you can easily understand it. We also provide playing tips and tricks so you can easily win in the best online gambling agent games in Indonesia. happydomino is guaranteed to be the fair play 100% online gambling site. There are no Robots in pure games Member vs Member. Our site is also equipped with the most sophisticated security system that is always updated on online gambling issues.


    BalasHapus
  21. http://allure.vanguardngr.com/2017/03/davido-declares-love-baby-mama-sophia-expects-second-child-us-lover/#comment-654854
    Specialist SEO.com is an Indonesian SEO Service launched in 2011 when search engines were in the early stages of developing their algorithms, Google was a big company that was very promising. Search engine optimization (SEO) has a completely different meaning. Since then many things have changed and internet marketing has become a necessity for every company that wants to survive in the online world competitively.

    Specialist SEO Indonesia SEO Services deal with Web Marketing technology from the start. After hours of research and development, trial and error, we can now offer the most reliable solutions in the world of Digital Marketing.

    Indonesian SEO Service

    Search engine optimization (SEO) or Indonesian SEO is the process of influencing the visibility of websites or web pages in search engine results - often referred to as "natural", "organic" or "earned" results. In general, the earlier (or rank higher on search results pages), and more often sites appear in the list of search results, the more visitors will receive from search engine users, and these visitors can be converted to customers.

    SEO can target various types of searches, including image search, local search, video search, academic search, news search and industry-specific vertical search engines.

    Indonesian SEO

    You can chat, video call, phone, view photos, have fun, and even meet!
    online datingsite, online dating indonesia, free online dating, best online dating site free, online dating app, online dating terbaik, dating online chat, situs online dating, free dating sites without payment, dating online with video call, dating, meet me, meet, people nearby, soulmate, heart, online dating apps, free online dating, video call, audio chat, find your partner, setipe, skout, flurv, bigo live, Tinder, OkCupid, Hookup, BeeTalk
    online datingsite

    BalasHapus
  22. Ahli Cheat merupakan website yang menyediakan berbagai Cheat Judi untuk permainan PokerV maupun permainan IDNPLAY, dimana kalian bisa mendapatkan kemenangan dengan Cheat ini.

    Cheat Judi Android
    Cheat Judi Online
    Cheat Judi Online

    BalasHapus
  23. PROMO KHUSUS MEMBER BARU 15%

    DewaZeus adalah bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan bandar master agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di judi bola deposit pulsa.

    Sebagai Kantor Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh ketua Isle of Man buat beroperasi sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.


    https://dewazeus.pw/situs-agen-taruhan-online-terpercaya-deposit-pulsa/
    https://dewazeus.pw/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
    https://dewazeus.pw/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/


    Ayo join sekarang di dewazeus.pw

    BalasHapus
  24. Batu Poker is a trusted online poker site in Indonesia, providing 7 of the most complete and reliable game games, with only 1 user id, members have been able to play 7 games on Batupoker99, with the Batupoker99 free deposit and withdrawal process being the best choice for poker game play. online, batupoker99 holds the title of a trusted Online Poker Site ...




    Batu Poker | Poker99

    BalasHapus
  25. The conclusion, however, specifies that it is the big who can compete with each other, unless they fall asleep on their laurels, like Microsoft, which no longer improves IE since it has a monopoly position.
    Cheat Judi Android

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. I had been tiny bit acquainted of this your broadcast offered vibrant transparent concept You clearly know what youre talking about,
    Thanks a lot for sharing this with all of us you really understand what you are talking about!
    why waste your intelligence on just posting videos to your site when you could be giving us something informative to read.
    Cheat Judi Online
    Cheat Judi Android
    Cheat Ceme
    Cheat Poker

    BalasHapus
  28. I had been tiny bit acquainted of this your broadcast offered vibrant transparent concept You clearly know what youre talking about,
    Thanks a lot for sharing this with all of us you really understand what you are talking about!
    why waste your intelligence on just posting videos to your site when you could be giving us something informative to read.
    Cheat Bandar Poker

    BalasHapus
  29. why waste your intelligence on just posting videos to your site when you could be giving us something informative to read.I had been tiny bit acquainted of this your broadcast offered vibrant transparent concept You clearly know what youre talking about,
    Thanks a lot for sharing this with all of us you really understand what you are talking about!
    Cheat Bandar Ceme

    BalasHapus
  30. Situs Betting Online Terpercaya Di Indonesia

    Daftar Akun Betting Online Bersama Agen ZEUSBOLA

    Dapatkan Berbagai Fasilitas Menarik Serta Bonus dari Agen ZEUSBOLA!

    • Penyedia Games Online Terlengkap & Teraman ( Rate Kemenangan Super Tinggi )
    • Layanan Customer Service Online 24Jam
    • Menerima Deposit All Bank Lokal Indonesia
    • Menerima Deposit Via Pulsa Telkomsel, Xl/Axis
    • Menerima Deposit Via Ovo
    • Menerima Deposit Via Gopay
    • Menerima Deposit Via LinkAja
    • Menerima Deposit Via Dana
    • Pelayanan Terbaik, Teraman Dan Terpercaya ( FAST RESPON )


    Join Now, Bersama Situs Zeus Bola Berlisensi Resmi.
    Live Chat : Www.Zeusbola.Win
    Whatsapp Zeusbola : +62 813-3355-5996


    Link Alternatif ZEUSBOLA :
    http://104.248.148.252/
    Zeus Bola

    Daftar Judi Online Deposit Via LinkAja Tcash
    http://134.209.98.69/daftar-judi-online-deposit-via-linkaja-tcash/

    Poker Pulsa
    Judi Poker Pulsa
    Slot Pulsa
    Judi Slot Pulsa
    sabung ayam deposit linkaja

    BalasHapus
  31. Siapa sih yang tidak kenal permainan poker? Game poker tentunya tidak asing untuk anda yang telah lama mengenal dunia perjudian.

    Freechip Natal dan Tahun Baru :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan

    * https://pokerayam.club/situs-poker-deposit-pulsa-xl-terbaik-di-indonesia/
    * Kontak PokerAyam
    * Link Alternatif Pokerayam

    HUBUNGI KAMI:
    http://165.22.51.220/
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM

    BalasHapus
  32. Pokervita situs judi deposit pulsa tanpa ribet dan rating kemenangan tertinggi di Indonesia. Menerima berbagai metode transaksi hits di tahun 2020 dan sangat terjangkau oleh kalangan masyarakat Indonesia.

    Kami Menyediakan Transaksi Deposit & Withdraw Yang Lengkap, Seperti :
    - Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
    - Ovo
    - Gopay
    - Dana
    - Linkaja
    - Pulsa

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Texas Holdem Poker
    Judi Poker Online
    Bandar Sakong Online

    Situs Domino99 Deposit Pulsa
    Agen Domino QQ Online
    Game Judi Domino Online

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus
  33. Promo deposit pulsa tanpa potongan.
    Dalam rangka melawan COVID19
    Mari bermain bersama Donaco Poker dapatkan kejutan menarik dari kami.

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  34. BONUS 10% EVERY DAY

    Delegasi Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg menyediakan jasa pelayanan guna permulaan akun permainan judi atau taruhan online bagi anda di perwakilan judi online yang berkelas International, benar dan terpercaya hanya di poker pulsa.

    Sbg Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama perseroan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh ketua Isle of Man bagi beroperasi sebagai juru taruhan sport sedunia.


    https://bolazeus.site/2018/12/31/situs-agen-taruhan-online-deposit-via-pulsa-25rb/
    https://bolazeus.site/2018/12/30/agen-betting-online-deposit-via-pulsa-telkomsel/
    https://bolazeus.site/2018/12/29/situs-agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya/
    https://bolazeus.site/2018/12/28/agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya-di-asia/

    promo adu ayam s128

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    link alternatif zeusbola
    https://zeus303.com

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    BalasHapus
  35. Donaco Poker

    Merupakan salah satu Agen Poker Online paling baru

    Salah satu dari Server Poker Terpercaya, Terbaik dan Paling Bagus dan sudah Terbukti kualitasnya .

    Menyediakan 5 jenis bank lokal ( BCA, BNI, BRI, MANDIRI, DANAMON )

    PERMAINAN 1 ID BISA BERMAIN 7 PERMAINAN
    1. POKER ONLINE
    2. BANDAR CEME
    3. CEME KELILING
    4. DOMINO QIU
    5. SUPER TEN
    6. CAPSA SUSUN
    7. OMAHA

    Silahkan Klik ID Gratis DONACO

    Jalur Cepat:
    WHATSAPP : +6281333555662
    LINE : Donaco.poker

    Salam Kemenangan Untuk Anda.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  36. ZeusBola - Bandar Sabung Ayam Online Terbaik
    Menerima Deposit via Pulsa dan E-money
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Pendaftaran : http://zeusbola.vip

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Jadwal S128 Sabung Ayam Online 10 Juli 2020

    BalasHapus
  37. Situs Togel Lengkap Terpercaya Cara Menebak Angka Judi Dengan Akurat – Menebak angka di permainan judi Togel merupakan hal yang sulit jika Anda masih belum memiliki skema permainan yang tepat. Namun setelah Anda bergabung dengan MUSEUMTOTO.

    Casino Online :

    Bacarrat,Monopoly,Billiards,Suwit,GongBall,24D,12D,Roulette,SicboDice,Oglog,Dice 6,Head tail,Red White,24Spin dan Poker Dice.
    Minimal Deposit Hanya Rp.10.000 Bisa main semua Game dengan minimal Bett 1000.

    Agen Togel Online
    Agen Togel
    Situs Togel Online
    Agen Togel Hongkong
    Agen Togel Singapura
    Agen Togel Sidney
    Agen Toto Macau
    Museumtoto IDNLive

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar link di bawah ini :

    Museum Bola
    Museum Poker
    Museum Ayam
    Museum Toto

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online MUSEUMTOTO terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank JENIUS / BTPN

    Bank MANDIRI


    PROMO

    • Bonus New Member 20%
    • Bonus Next Deposit 5%
    • Bonus Cashback Casino Up To 10%
    • Extra Bonus Prize 2 & Prize 3
    • Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL

    Diskon dan Hadiah

    • 2D Discon 29% ( Pembayaran x 70 )
    • 3D Discon 58% ( Pembayaran x 400 )
    • 4D Discon 66% ( Pembayaran x 3000 )
    • Minimal Deposit : 10.000
    • Minimal Withdraw :50.000
    • Minimal Betting : 500

    EXTRA BONUS
    HADIAH PRIZE II:
    • 4D : 200.000
    • 3D : 60.000
    • 2D : 10.000

    HADIAH PRIZE III:
    • 4D : 100.000
    • 3D : Jumat.000
    • 2D : 5.000

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari MUSEUMTOTO yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Diskon dan Hadiah Paling Besar.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan.

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di MUSEUMTOTO.
    Alamat Situs Resmi :LINK RESMI MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )

    WA : +6283157394921

    CHAT SEKARANG KLIK DISINI

    Alamat Situs Alternatif :

    LINK ALTERNATIF 1 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF 2 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF 3 ( KLIK DISINI )

    DAFTAR TOGEL ONLINE JUDI ANDROID TERBESAR AMAN DAN TERPERCAYA

    SITUS TOGEL LENGKAP TERPERCAYA CARA MENEBAK ANGKA JUDI DENGAN AKURAT

    BalasHapus
  38. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis Tanpa Potongan
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Situs Poker Deposit Dana

    Freechip natal & tahun baru

    BalasHapus
  39. SITUS SLOT & SABUNG AYAM 2021 TERPERCAYA PROMO DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    Banyak jackpot Menanti Anda !
    Gabung sekarang di MBO128 AGEN online terpercaya
    BONUS NEW MEMBER 15%
    Bonus Harian 10%
    Minimal Dp 10Rb
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    BalasHapus
  40. Anda salah satu pencinta permainan Sabung ayam?
    Mau bonus menarik setiap harinya???

    Info hub
    WA : 0822 6793 2581

    BalasHapus
  41. Punya E-Wallet??
    Tapi tidak tau mau diapakan???

    Mari manfaatkan E-Wallet anda sebagai sumber penghasilan setiap harinya

    Info hub
    WA : 0822 6793 2581

    BalasHapus
  42. Suka bermain Slot??
    Lagi mencari situs permainan Slot Gacor Terpecaya?
    Hanya Situs Winning303 yang memberikan bonus 100% PRAGMATIC TERBAIK, Ayo Bergabung bersama kami ^^

    Terima Deposit Pulsa TELKOMSEL & XL
    E-Wallet : DANA, GOPAY, OVO, LINK AJA, DAN SAKUKU

    Bonus Mingguan Rolingan 1% dan Bonus cash back sampai 10%

    Klik ====>Winning303

    Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..

    Klik >>>>>>> Daftar slot

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    #SLOT
    #SLOTGACOR
    #SLOTTERPECAYA
    #SLOTDEPOSITPULSA
    #SLOTJACKPOT

    BalasHapus
  43. Ingin bermain Slot secara gratis dan mendapatkan Review seputar Slot Game setiap harinya ?

    Yuk , bisa coba kunjungi Link kami dibawah ini

    Slot Leprechaun Song Permainan Slotgames GACORR !!!

    Mainkan Slotgames kesayangan anda secara GRATISSS sekarang juga !!

    BalasHapus
  44. Untuk yg suka bermain sabung ayam dsni tempat ny
    new member 10% lansung di berikan tanpa syarat dan ribet

    proses depo wd secepat kilat ^^

    tunggu apa lagi silahkn registrasi dan bukti kan sendiri
    New member 10%
    Silahkan hub : WA : 0812-1495-2061

    BalasHapus
  45. Result Togel


    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Daftar Slot Online Deposit Bank Syariah Indonesia - Winning303

    Winning303 Situs Judi Online Deposit Bank BPD Terpercaya 2022

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : http://165.227.54.5/register?ref=192425
    WA:+6287785425244

    Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

    BalasHapus
  46. Mau Menghasilkan Uang Dengan Cepat Menggunakan Smartphone Atau Laptop Anda ??? Kami Punya Cara Nih Untuk Menghasilkan Uang Dengan Cepat Menggunakan Smartphone Dan Laptop Anda...
    Pelayanan Ramah Proses Cepat Tidak Perlu Pusing Lagi Hanya Disini Anda Bisa Menghasilkan Uang Dengan Cepat Tanpa Keluar Rumah !!!
    Customer Servis 24jam NONSTOP !!!!
    Anda Bisa Hubungi CS Kami :
    WA :+6281361312117
    LINE :ligaidol88
    IG :ligaidolaofficial
    FB :PREDIKSI PARLAY MANIA

    BalasHapus
  47. Hebat banget min artikelnya bisa dapet informasi yang detail banget begini. Makasih ya min. Emang ya dunia ini cepat banget berkembang, apalagi banyak banget investasi kaya saham, kripto dan lain lain. Lebih kerennya juga banyak GAME YANG BISA HASILIN UANG. Uang yang didapet juga bisa banyak banget. Hebat dan keren banget gaksih? Saya juga sampe kaget dulu tuh gaada kaya gini. emang ya dunia sudah cepat berkembang sekali.

    SLOT99 ONLINE TURBO303

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

About