Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 14 Agustus 2015

MAKALAH TENTANG ATMOSFER BUMI



BAB I
PENDAHULUAN 

A.      Latar Belakang
Bumi merupakan tempat tinggal segala jenis makhluk hidup. Bumi juga memiliki seluruh sifat yang diperlukan bagi kehidupan. Salah satunya adalah keberadaan atmosfer, yang berfungsi sebagai lapisan pelindung yang melindungi makhluk hidup. Atmosfer terdiri dari lapisan yang berbeda yang tersusun secara berlapis satu diatas yang lainnya. Oleh karena itu mengingat pentingnya pengetahuan mengenai atmosfer maka penulis menyusun makalah yang diberi judul “ATMOSFER”.
B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka  rumusan masalah dari makalah ini adalah :
1.         Apa pengertian dan peranan atmosfer?
2.         Apa komposisi dari atmosfer?
3.         Bagaimana struktur vertikal atmosfer?
C.      Tujuan
Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari pembuatan makalah ini adalah :
1.         Untuk mengetahui pengertian dan peranan atmosfer
2.         Untuk mengetahui komposisi dari atmosfer
3.         Untuk memahami struktur vertikal atmosfer

BAB II
PEMBAHASAN 

A.      Pengertian dan Peranan Atmosfer
Atmosfer berasal dari kata Yunani, atmos (uap) dan sphair (bola). Jadi atmosfer dapat didefinisikan sebagai selubung berwujud gas yang mengelilingi bumi. Atmosfer memegang peranan penting bagi kelangsungan kehidupan di bumi, dengan pertimbangan sebagai berikut.
a.         Dalam atmosfer terkandung berbagai gas yang dibutuhkan oleh makhluk hidup, misalnya Oksigen (O2). Planet lain yang tidak beratmosfer tidak memiliki kehidupan seperti halnya dibumi.
b.          Panas matahari menghangatkan permukaan bumi sepanjang hari. Namun, jumlah sinar yang berlebihan berbahaya bagi kehidupan di bumi. Atmosfer ( melalui gas ozon) memperkecil jumlah cahaya matahari yang sampai ke bumi.
c.         Atmosfer menjerat panas sehingga lebih lambat kembali keruang angkasa, sehingga memperkecil perubahan suhu antara siang dan malam serta mengurangi dinginnya udara malam.
d.        Atmosfer melindungi bumi dari kejatuhan mereor dan benda-benda angkasa lain yang membahayakan, sehingga menjadi tempat paling aman bagi makhluk hidup untuk tinggal.



B.       Komposisi Atmosfer 
Atmosfer tersusun atas gas-gas utama, berupa nitrogen (N2), oksigen (O2), argon (Ar), dan karbon dioksida (CO2). Nitrogen memiliki jumlah terbesar yang mencapai kurang lebih 78%. Gas ini berperan penting bagi pertumbuhan tanaman. Oksigen dihasilkan terutama melaui proses  fotosintesis tumbuhan hijau daun. Karbon dioksida secara alami dihasilkan dari pernafasan makhluk hidup (manusia dan hewan), dan dimanfaatkan oleh tumbuhan dalam proses fotosintesis.
Beberapa gas lain dengan volume lebih kecil adalah neon, helium, hidrogen, kripton, methane, xenon, radon, serta ozon.meskipun jumlahnya sedikit, gas-gas itu memberi pengaruh bagi atmosfer.hidrogen( H2) yang berasal dari penguapan berbagai perairan dipermukaan bumi, berperan dalam menjaga kestabilan suhu dan membentuk formasi awan hujan. Ozon (O3) berperan dalam menyerap radiasi sinar ultra violet matahari sehingga tidak lagi berbahaya karena jumlahnya sudah berkurang ketika sampai kepermukaan bumi.

C.      Struktur Vertikal Atmosfer
Lapisan utama atmosfir dimulai dari permukaan bumi adalah troposfer, stratosfer, mesosfer, thermosfer, dan eksosfer.
1.         Troposfer (0-12 km d.p.l.)
Troposfer merupakan lapisan atmosfer terbawah dan terpadat. Ciri-ciri lapisan troposfer adalah sebagai berikut :
·           Pada lapisan ini terjadi berbagai fenomena cuaca (awan, hujan, angin, kilat dan guntur, dan lain-lain).
·           Pada lapisan ini terjadi penurunan suhu terhadap ketinggian. Setiap naik 1000 meter dari  permukaan laut, suhu turun kurang lebih 6,4oC.
·           Troposfer menerima panas dari sinar matahari dan permukaan bumi.
·           Troposfer mengandung lebih banyak uap air dan karbon dioksida.
Puncak dari troposfer disebut lapisan tropopause yaitu lapisan pralihan antara troposfer dan stratosfer. Ketebalannya kurang lebih 2 km dengan suhu berkisar antara -55oC hingga -60oC.

2.         Stratosfer (12-50 km d.p.l.)
Ciri-ciri khusus pada lapisan stratosfer yakni sebagai berikut :
·           Terdapat lapisan isothermal
·           Terdapat lapisan ozon yaitu
Batas lapisan stratosfer dengan lapisan diatasnya (mesosfer) disebut lapisan stratopause. Pada lapisan ini suhu akan meningkat dan turun kembali.

3.         Mesosfer (50-80 km d.p.l.)
Lapisan mesosfer menjadi pelindung bumi dari kejatuhan meteor atau benda-benda luar angkasa lain. Meteor atau benda langit lain akan terbakar saat melewati lapisan ini sehingga hanya tersisa serpihan kecil saat jatuh kebumi. Pada mesosfer hanya sedikit energi matahari yang terserap, sehingga suhu turun sangat tajam seiring dengan ketinggian. Batas atas lapisan mesosfer dinamakan lapisan mesopause. Beberapa hal yang terjadi pada lapisan ini adalah sebagai berikut :
·           Dapat terlihat awan malam ( noctulicent clouds ), yang terjadi saat matahari berada pada posisi 10o-15o dibawah horizon. Namaun hanya terlihat di daerah lintang tinggi.
·           Terdapat lapisan D (lapisan kennelly) yaitu molekul-molekul gas yang mengalami ionisasi sehingga terbentuk lapisan ozon dan elektron bebas. Lapisan ini dapat menghantar listrik dan memantulkan gelombang radio frekuensi rendah (gelombang panjang).

4.         Thermosfer (80-450 km d.p.l.)
Pada lapisan ini terjadi proses inversi suhu yang berkisar akibat radiasi sinar X dan sinar ultra violet dari matahari. Lapisan thermosfer sering disebut lapisan panas.
Pada thermosfer terjadi proses ionisasi seperti halnya pada lapisan mesopause. Namun dibedakan atas 2 daerah ionisasi yaitu lapisan E dan F ( F1 dan F2 ).
·           Lapisan E / lapisan Heaviside (± 90-120 km) yang terdiri atas nitrogen dan oksigen, ionisasi pada lapisan ini disebabkan oleh sinar X.
·           Lapisan F / lapisan Appleton (± 150-300 km) terbagi atas lapisan F1 dan F2. Ionisasi pada lapisan ini terjadi karena sinar ultra violet. Pada lapisan F1 terkandung banyak atom-atom oksigen, sedangkan pada lapisan F2 terkandung ion nitrogen.
Lapisan E dan F hanya memantulkan gelombang radio dengan frekuensi lebih tinggi dari gelombang yang dipantulkan lapisan D. Misalnya gelombang yang di pancarkan oleh stasiun pemancar TV yang dapat diterima diseluruh dunia. Dibelahan bumi utara dan selatan pada lapisan termosfer sering terlihat cahaya yaitu aurora.

5.         Eksosfer (450-900 km d.p.l.)
Eksosfer merupakan batas terluar atmosfer yang menbentang dan menyatu dg angkasa luar. Karena itu lapisan ini sering disebut lapisan antarplanet.
Beberapa fenomena pada lapisan ini adalah :
·           Gas pada lapisan ini sangat tipis, dengan hidrogen sebagai penyusun utama. Sinar ultraviolet juga mengisi lapisan ini.
·           Pada lapisan ini, atom-atom netral dan molekul-molekul bergerak bebas. Ada yang bergerak kembali ke daerah pengaruh gravitasi bumi, ada pula yang bergerak menunggalkan atmosfer ke ruang angkasa.
·           Pada lapisan ini terdapat cahaya redup, dikenal sebagai cahaya zodiakal,merupakan refleksi cahaya matahari yang dipantulkan oleh partikel debu meteoritik yang sangat banyak jumlahnya.


BAB III
PENUTUP 

A.      Kesimpulan
Atmosfer berasal dari kata Yunani, atmos(uap) dan sphair (bola). Jadi atmosfer dapat didefinisikan sebagai selubung berwujud gas yang mengelilingi bumi. Atmosfer tersusun atas gas-gas utama, berupa nitrogen (N2), oksigen (O2), argon (Ar), dan karbon dioksida (CO2). Nitrogen memiliki jumlah terbesar yang mencapai kurang lebih 78%. Gas ini berperan penting bagi pertumbuhan tanaman. Lapisan utama atmosfir dimulai dari permukaan bumi adalah troposfer (0-12 km d.p.l.), stratosfer (12-50 km d.p.l.), mesosfer (50-80 km d.p.l.) , thermosfer (80-450 km d.p.l.) , dan eksosfer (450-900 km d.p.l.).

B.       Saran
Setelah mempelajari makalah ini pembaca dapat mengetahui tentang lapisan-lapisan atmosfer. Atmosfer sangatlah bermanfaat bagi kehidupan seluruh makhluk hidup termasuk kita sebagai manusia yang hidup di muka bumi ini. Diharapkan dengan adanya makalah ini, manusia dapat mengerti peranan dari setiap lapisan-lapisan atmosfer serta dapat menjaga lapisan ini demi kelangsungan hidup semua makhluk yang ada di bumi ini.



DAFTAR PUSTAKA

LKS Geografi Kelas X Semester 2
https://www.google.co.id/
Lukman, Rinaldi. Dkk. 2006. Geografi untuk SMA/MA Kelas X. Bekasi: PT Galaxy Puspa Mega (Anggota IKAPI).
http://ajiezaenulamry.blogspot.com/2015/08/makalah-tentang-atmosfer-bumi.html

6 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

About