BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Seperti yang kita ketahui, biologi
berasal dari dua kata yakni bios
(hidup) dan logos (ilmu). Sehingga
dapat disimpulkan bahwa biologi adalah ilmu yang mempelajari segala seluk-beluk
tentang makhluk hidup, baik itu kehidupannya, struktur tubuhnya, hubungannya
dengan lingkungan dan lain-lain.
Biologi juga merupakan salah satu
ilmu yang berperan penting dalam kehidupan ini. Karena dengan adanya
perkembangan pengetahuan berbasis biologi, kita dapat meningkatakan derajat
kehidupan bangsa seperti penguasaan IPTEK di bidang kedokteran, pertanian,
industri, pangan dan sandang.
Selain itu, biologi juga memberikan
pengetahuan dasar untuk memelihara kualitas dan kelestarian lingkungan seperti
mencegah kerusakan lingkungan. Ilmu biologi juga membantu kita untuk mengenal
diri sendiri sebagai makhluk hidup dan membantu mengenal lingkungannya.
Dalam biologi, dikenal juga metode
ilmiah yang merupakan langkah-langkah untuk memperoleh fakta mengenai suatu
fenomena dengan menggunakan kaidah-kaidah yang telah disetujui oleh seluruh
komunitas sains.
B.
Tujuan
1.
Mengidentifikasi
ruang lingkup biologi beserta bagian-bagiannya
2.
Mengetahui
cabang-cabang ilmu biologi serta manfaat mempelajari biologi
3.
Mengetahui
apa yang dimaksud dengan metode ilmiah/kerja ilmiah dan langkah-langkahnya
4.
Mengidentifikasi
hal-hal yang mencakup keselamatan kerja
5.
Mengetahui
bagaimana pengembangan karir di masa depan berbasis biologi
C.
Rumusan Masalah
1.
Apa
yang dimaksud dengan Ruang Lingkup Biologi?
2.
Apa
saja Cabang-cabang Ilmu Biologi?
3.
Apa
manfaat dari mempelajari Biologi?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Ruang
Lingkup Biologi
Ruang lingkup biologi adalah ilmu
yang mempelajari segala sesuatu tentang makhluk hidup. Istilah biologi berasal
dari bahasa Belanda “biologie” yang juga diturunkan dari gabungan kata bahasa
Yunani, bios artinya hidup dan logos artinya ilmu. Ilmu biologi disebut juga
ilmu hayat yang artinya “Ilmu Kehidupan”. Objek kajian biologi meliputi :
1. Tingkat Molekul
Molekul adalah hasil persenyawaan
beberapa unsur yang melakukan metabolisme. Tingkat molekul meliputi kajian :
a.
Berbagai
jenis molekul yang menyusun tubuh makhluk hidup (protein, karbohidrat, lemak,
asam nukleat dan vitamin)
b.
Bagaimana
molekul-molekul tersebut dibuat dan apa fungsi serta peranannya dalam menunjang
suatu organisme
2. Tingkat Sel
Sel adalah unit terkecil penyusun
tubuh makhluk hidup. Tingkat sel meliputi kajian :
a.
Morfologi
dan jenis-jenis sel
b.
Berbagai
macam organela penyusun sel (inti sel, mitokondria, retikulum endoplasma,
ribosom dan membran sel) dan fungsinya
c.
Fungsi
berbagai macam sel dan metabolisme yang terjadi di dalm sel
d.
Transportasi
zat ke dalam dan ke luar sel, serta cara sel berproduksi atau membelah diri.
3. Tingkat Jaringan
Jaringan adalah kumpulan beberapa sel
yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Tingkat jaringan meliputi kajian :
a.
Berbagai
macam jaringan (jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan epidermis dll) dan
fungsinya
b.
Komponen-komponen
penyusun jaringan serta pembentukan dan perkembangan jaringan
c.
Kultur
jaringan dan kelainan pada jaringan.
4. Tingkat Organ
Organ adalah kumpulan beberapa
jaringan yang memiliki fungsi tertentu. Tingkat organ meliputi kajian :
a.
Asal-usul
dan perkembangan organ, jenis-jenis organ (mata, telinga, paru-paru, ginjal,
lambung dll) beserta fungsinya
b.
Komponen
penyusun organ, kelainan yang terjadi pada organ dan transplantasi organ.
5. Tingkat Sistem Organ
Sistem Organ adalah sistem yang
disusun oleh organ-organ yang saling berinteraksi dan melaksanakan fungsi di
dalam tubuh. Tingkat sistem organ meliputi kajian :
a.
Berbagai
macam sistem dan fungsinya dalam mendukung kehidupan
b.
Cara
kerja sistem, serta kelainan-kelainan atau gangguan yang terjadi pada sistem.
6. Tingkat Individu
Individu adalah makhluk hidup tunggal
yang tinggal di suatu daerah. Tingkat kajian Individu meliputi :
a.
Jenis-jenis
organisme serta kedudukannya secara taksonomis
b.
Cara
memperoleh makanan, berproduksi, bergerak, mempertahankan diri dan beradaptasi
terhadap lingkungan.
7. Tingkat Populasi
Populasi adalah kumpulan individu
sejenis yang berada pada waktu dan tempat yang sama. Tingkat populasi meliputu
kajian :
a.
Perkembangan
populasi, angka/jumlah kelahiran (natalitas), angka/jumlah kematian (mortalitas),
perpindahan atau imigrasi
b.
Kompetisi
atau persaingan antar anggota dalam memperebutkan pasangan, makanan dan tempat.
8. Tingkat Ekosistem
Ekosistem adalah sekumpulan makhluk
hidup dengan benda mati dalam suatu kesatuan tempat hidup yang mempunyai
hubungan timbal-bailk. Tingkat ekosistem meliputi kajian :
a.
Jenis
ekosistem, komponen biotik (makhluk hidup) dan abiotik (benda mati) penyusun
ekosistem
b.
Fungsi
masing-masing komponen dalam ekosistem
c.
Hubungan
timbal-balik antara makhluk hidup dengan lingkungan, rantai makanan, serta
jarring-jaring makanan.
9. Tingkat Biom
Biom adalah sekelompok hewan dan
tumbuhan yang tinggal di suatu lokasi geografis tertentu yang wilyahnya jauh
lebih luas dibandingkan dengan ekosistem. Tingkat biom meliputi kajian :
a.
Berbagai
macam biom yang ada di dunia
b.
Ciri-ciri
iklim yang terpengaruh (misalnya curah hujan, kelembaban, suhu dan angin).
B.
Cabang-cabang
Ilmu Biologi
Berikut
adalah cabang-cabang ilmu dalam biologi :
1)
Berdasarkan
Objek Kajiannya
·
Zoologi,
yaitu ilmu yang mempelajari tentang hewan;
·
Botani,
yaitu ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan;
·
Mikrobiologi,
yaitu ilmu yang mempelajari tentang mikroorganisme;
·
Bakteriologi,
yaitu ilmu yang mempelajari tentang bakteri;
·
Virologi,
yaitu ilmu yang mempelajari tentang virus;
·
Mikologi,
yaitu ilmu yang mempelajari tentang jamur;
·
Parasitologi,
yaitu ilmu yang mempelajari tentang parasit;
·
Ikhtiologi,
yaitu ilmu yang mempelajari tentang ikan;
·
Malakologi,
yaitu ilmu yang mempelajari tentang moluska;
·
Ornitologi,
yaitu ilmu yang mempelajari tentang burung;
·
Entomologi,
yaitu ilmu yang mempelajari tentang serangga;
·
Vikologi,
yaitu ilmu yang mempelajari tentang alga atu ganggang.
2)
Berdasarkan
Stuktur dan Fungsi Makhluk Hidup
·
Sitologi,
yaitu ilmu yang memperlajari tentang sel;
·
Histologi,
yaitu ilmu yang mempelajari tentang jaringan;
·
Morfologi,
yaitu ilmu yang mempelajari tentang bentuk atau ciri luar makhluk hidup;
·
Fisiologi,
yaitu ilmu yang mempelajari tentang fungsi kerja tubuh;
·
Anatomi,
yaitu ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian tubuh.
3)
Berdasarkan
Tema Pokoknya
·
Evolusi,
yaitu ilmu yang mempelajari tentang perubahan makhluk hidup dalam
jangka waktu yang lama;
·
Genetika,
yaitu ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat;
·
Ekologi,
yaitu ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara
makhluk hidup dan lingkungannya;
·
Etologi,
yaitu ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan cara hidup hewan.
4)
Berdasarkan
Objek dan Tema Pokoknya
·
Genetika
manusia, yaitu ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat pada
manusia;
·
Ekologi
tumbuhan, yaitu ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara
tumbuhan dan lingkungannya;
·
Ekologi
hewan, yaitu ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara hewan
dan tumbuhan.
C.
Manfaat
Mempelajari Biologi
1)
Manfaat
bagi Diri Sendiri
·
Membantu
mengenal dirinya sebagai makhluk hidup dan membantu mengenal lingkungannya.
·
Memiliki
pemahaman yang lebih dalam tentang dirinya sendiri sehingga dapat digunakan
sebagai dasar untuk peningkatan kualitas hidupnya, misalnya sebagai ilmu dasar
untuk mencegah penyakit , mengetahui gejala penyakit, dasar pengobatan, dan
memilih makanan bergizi.
·
Memiliki
pengetahuan untuk pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati bagi pemenuhan kebutuhan
manusia secara optimal.
2)
Manfaat
bagi Lingkungan
·
Sebagai
pengetahuan dasar untuk memelihara kualitas dan kelestarian lingkungan, seperti
mencegah kerusakan lingkungan, mendaur ulang limbah, menyediakan air bersih,
dan mengendalikan hama.
·
Sebagai
pengetahuan dasar untuk melakukan konservasi atau pelestarian sumber daya
hayati agar tidak punah.
3)
Manfaat
bagi Masa Depan Bangsa
·
Memiliki
pengetahuan untuk melakukan diversifikasi pemanfaatan sumber daya hayati dalam
rangka ketahanan pangan bangsa
·
Memiliki
pengetahuan untuk pengembangan IPTEK berbasis biologi untuk meningkatkan
derajat kehidupan bangsa, seperti penguasaan IPTEK di bidang kedokteran,
pertanian, industri, pangan, dan sandang.
D.
Metode
Ilmiah
Metode Ilmiah adalah proses
pemerolehan fakta mengenai suatu fenomena dengan menggunakan kaidah yang telah
disetujui oleh seluruh komunitas sains. Langkah-langkahnya adalah sebagai
berikut :
1)
Mengidentifikasi
masalah
Masalah adalah sesuatu (persoalan)
yang harus diselesaikan. Masalah yang akan diteliti dapat diperoleh dari
pengamatan sehari-hari masalah yang ada selanjutnya kita buat rumusan masalah
sehingga disebut rumusan masalah. Rumusan masalah merupakan suatu pernyataan
rinci, lengkap, dan jelas mengenai ruang lingkup yang akan diteliti.
2)
Membuat
hipotesis
Hipotesis adalah dugaan atau
“jawaban” sementara mengenai suatu hal atau permasalahan yang akan dibuktikan
kebenarannya melalui data-data atau fakta-fakta hasil penelitian. Hipotesis
dapat dibagi dua yaitu :
·
Hipotesis
Alternatif ( H¹ )
Hipotesis alternatif adalah hipotesis yang
menyatakan adanya pengaruh antara variabel yang satu dengan variabel yang lain.
·
Hipotesis
Nol ( H° )
Hipotesis nol adalah hipotesis yang menyatakan tidak ada
pengaruh antara variabel antara variabel yang satu dengan variabel yang lain.
3)
Merancang
Percobaan
Percobaan atau eksperimen merupakan
salah satu langkah dalam metode ilmiah yang berfungsi untuk mendapatkan data
yang digunakan untuk membuktikan apakah hipotesis kita dapat diterima atau
ditolak. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan percobaan
yaitu: lokasi penelitian, alat dan bahan yang digunakan, metode kerja, unit
percobaan, perlakuan, variabel dan pengamatan
4)
Mengolah
Data Pengamatan
Dari hasil percobaan, akan diperoleh
data. Data yaitu nilai-nilai hasil pengamatan atau pengukuran yang selanjutnya
akan diolah menjadi sebuah karya tulis ilmiah ataupun makalah.
5)
Membuat
Kesimpulan
Dalam membuat kesimpulan, peneliti
harus memperhatikan hipotesis yang akan diajukan serta data-data yang diperoleh
dari hasil penelitian. Data-data penelitian yang telah di analisis digunakan
untuk menguji hipotesis mana yang diterima sehingga kita dapat menarik
kesimpulan dengan benar.
6)
Mengomunikasikan
Hasil Penelitian
Salah satu kewajiban peneliti adalah
membuat laporan atau penelitian yang dikerjakannya. Laporan penelitian
merupakan karya tulis ilmiah sehingga harus ditulis dengan aturan tertentu
serta menggunakan bahasa dan kosa kata ilmiah yang baku. Secara garis besar laporan
hasil penelitian berisi: Pendahuluan, tinjauan Pustaka, hipotesis, metode
penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran, daftar pustaka dan
lampiran.
E. Keselamatan Kerja
Berikut ini merupakan contoh keselamatan kerja di
laboratorium :
a.
Selama
bekerja di laboratorium harus mengenakan jas laboratorium
b.
Setiap
pengguna laboratorium harus menjaga ketertiban, kebersihan, dan keamanan
laboratorium
c.
Dilarang
bekerja sendirian di laboratorium
d.
Dilarang
bersendau gurau di laboratorium
e.
Dilarang
bermain-main dengan peralatan laboratorium dan bahan kimia
f.
Sebelum
bekerja di laboratorium siapkan buku kerja dan alat tulis
g.
Pelajari
dengan seksama jenis percobaan, jenis bahan, jenis peralatan, dan cara membuang
limbah sisa percobaan.
h.
Dilarang
makan, minum, dan merokok di dalam laboratorium.
i.
Jagalah
kebersihan meja percobaan.
j.
Setiap
praktikan harus mencatat semua kegiatan dengan selengkap-lengkapnya.
k.
Gunakan
peralatan kerja khusus, seperti kacamata pengaman , untuk melindungi mata.
l.
Dilarang
memakai sandal atau sepatu terbuka atau sepatu berhak tinggi.
m.
Biasakan
mencuci tangan dengan sabun dan air bersih , terutama setelah melakukan
percobaan
n.
Apabila
terjadi kecelakaaan yang berkaitan dengan bahan kimia, laporkan segera kepasa
asisten
o.
Matikan
keran air dan aliran listrik sebelum meninggalkan laboratoruim.
Alat-alat keselamatan kerja di laboratorium :
a.
Jas
laboratorium
b.
Kain
lap yang tahan panas/tidak mudah terbakar
c.
Sarung
tangan tahan panas
d.
Masker
e.
Kacamata
pelindung
f.
Ruangan
khusus untuk pemakaian bahan kimia berbahaya
g.
Peralatan
PPPK
h.
Alat
pemadam api ringan
F. Pengembangan Karir di Masa Depan
Berbasis Biologi
Ilmu biologi juga sangat berguna
bagi masa depan. Karena biologi mengajarkan kita cara berpikir logis. Karena
dengan menggunakan logika, pikiran akan berkesinambungan. Selain itu
kita dapat memiliki pengetahuan untuk melakukan diversifikasi pemanfaatan
sumber daya hayati dalam rangka ketahanan pangan bangsa dan kita juga dapat
memiliki pengetahuan untuk pengembangan IPTEK berbasis biologi untuk meningkatkan
derajat kehidupan bangsa, seperti penguasaan IPTEK di bidang kedokteran,
pertanian, industri, pangan, dan sandang. Sehingga, masa depan yang akan datang
dapat lebih baik.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
a.
Biologi
merupakan ilmu pengetahuan tentang makhluk hidup
b.
Objek
kajian biologi meliputi permasalahan biologi dari tingkat molekul, sel, jaringa,
organ, sistem organ, individu, populasi, ekosistem dan biom
c.
Sebagai
ilmu yang objek kajiannnya sangat luas, biologi memiliki cabang-cabang ilmu yang
lebih spesifik
d.
Mempelajari
ilmu biologi dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri,lingkungan,
dan masa depan bangsa
e.
Penelitian
merupaskan kegiatan untuk mencari jawaban yang benar dari suatu permasalahan
atau untuk memecahkan masalah
f.
Langka-langkah
dalam melakukan penelitian meliputi merumuskan masalah, membuat hipotesisd, mengolah
data, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikan hasil penelitian
g.
Sebagian
besar penelitian ilmiah dilakukan di dalam laboratorium. Semua pemakai
laboratorium sangat berperan dalam terciptanya keselamatan kerja.
B.
Kritik
dan Saran
Dalam menyusun makalah ini, kami
menyadari banyak kesalahan yang terdapat di dalamnya. Saran dan kritik yang
membangun diharapkan demi kesempurnaan makalah ini dikemudian hari.
DAFTAR PUSTAKA
https://id.wikipedia.org/
http://remaja-oon28.blogspot.com/2014/10/makalah-ruang-lingkup-biologi-kelas-x.html
http://ajiezaenulamry.blogspot.com/2015/08/makalah-tentang-ruang-lingkung-biologi.html
http://ajiezaenulamry.blogspot.com/2015/08/makalah-tentang-ruang-lingkung-biologi.html
maksh ka makalahnya .. saya juga punya makalah mengenai funsgsi otak kanan di blog saya sudah di posting
BalasHapusizin copy gan
BalasHapus